Jakarta, Puskum Online Pusat Layanan Hubungan Masyarakat dan Bantuan Hukum (PLHBH) telah menggelar Rapat Kerja terkait penyiapan kurikulum pendidikan dan pelatihan mediasi. Rapat yang dibuka mulai dari jam 10:00 – 12:30 di ruang rapat Fatahillah Mediation Center UIN Jakarta, sebenarnya untuk mengevaluasi dari pelatihan yang pernah diselenggarakan sebelumnya. (20/01/20)

Dalam kesempatan yang berlangsung, Fitriani, MA selaku staf PLHBH yang memimpin rapat tersebut. Yang dihadiri oleh beberapa eksponen. Di antaranya, Sekretaris LP2M Dr. Khamami Zada, Kepala PLHBH Afwan Faizin, Kepala PPM Dr. Kamarusdiana, MA, Koordinator Bidang Bantuan Hukum PLHBH Dr. Alfitra, M. Hum, dan Ali Mansur, MA, serta beberapa tamu undangan.

Kepala PLHBH Afwan Faizin, MA mengatakan, bahwa tujuan kita melakukan penyusunan kurikulum diklat ini adalah salah satu syarat untuk akreditasi kelembagaan sesuai Perma No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi.

Pun dengan Rapat Kerja evaluasi ini untuk meningkatkan wawasan para peserta pelatihan mediasi yang akan kita berikan materi dan simulasi supaya kedepannya juga memiliki pengalaman. Bahkan, bisa jadi bekal sebelum menjadi mediator. Ujar Afwan Faizin, MA

Adapun yang sudah diagendakan dalam kurikulum tersebut ada 40 jam pelajaran (JPL). Di antaranya, berikut ini:

 

NO MATERI JAM PELAJARAN
1 Pre Test & Orientasi 2
2 PERMA No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi 2
3 Problematika & Resolusi Konflik + Simulasi 4
4 Strategi & Teknik dalam Bernegosiasi + Simulasi 4
5 Penyusunan Agenda Mediasi + Simulasi 4
6 Teknik & Skill + Simulasi 4
7 Kaukus & Reframing + Simulasi 4
8 Komunikasi & Interpersonal 2
9 Pembuatan Kesepakatan & Kode Etik & Mengungkap Kepentingan Tersembunyi 2
10 Post Test 1
11 Roll Play 4
Jumlah JPL 40